STRATEGI PENAGIHAN PIUTANG

Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection. Karena penjualan tinggi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dapat tertagih. Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa dengan baik calon pelanggan dan pelanggan tetap. Bagaimana karakter pelanggan untuk meminimalisir kerugian atas penjualan yang tidak tertagih. Dengan pengelolaan yang lebih profesional dan manusiawi, diharapkan akan mengatasi kredit dan penagihan tanpa menciptakan masalah baru.
Pelatihan Strategi Penagihan Piutang ini dirancang secara khusus untuk membekali Anda dengan konsep dan metode dalam pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan.

Materi yang akan dibahas pada Pelatihan Strategi Penagihan Piutang diantaranya:
1. CREDIT CONTROL :
a. Analisa faktor resiko kredit, tingkat resiko dan exposure
b. Credit Terms, Limit dan Scoring
c. Pemetaan Karakteristik Pelanggan dan Kepentingan Strategi Perusahaan
d. Analisa dengan Laporan Keuangan dan tanpa Laporan Keuangan
e. Analisa Kualitatif
2. COLLECTION STRATEGY :
a. Tujuan, Strategi dan Proses
b. Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
c. Kebijakan dan Prosedur Penagihan
d. Teknik-Teknik Penagihan (Telepon, Surat, dan Kunjungan)
e. Aspek hukum
f. Memahami Karakter Pelanggan
 Tipe-Tipe Pelanggan
 Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
 Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal
g. Langkah-Langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
h. Model Pengukuran Kinerja
3. NEGOTIATION SKILL :
a. Dasar Negosiasi
b. Persiapan dan Proses Negosiasi

Pada dasarnya Pelatihan Strategi Penagihan Piutang ini penting diikuti oleh General Manager, Finance Manager/Officer, Accounting Manager/Officer, Cash/Receivable Manager, dan Staf  Profesional perusahaan lainnya yang ingin memahami lebih jauh mengenai pengelolaan piutang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pelatihan Strategi Penagihan Piutang dapat
menghubungi:
Bexcellent Consultant
Jl. Parangtritis Km 6,5 (Komplek Kampus ISI) Sewon, Bantul, Yogyakarta
Phone : 0274—7855441 Fax. : 0274—414137
E-mail : bxcellentconsultant@yahoo.com
Website : http://www.bexcellentjogja.com

Satu pemikiran pada “STRATEGI PENAGIHAN PIUTANG

  1. Ping balik: STRATEGI MENGATASI KREDIT BERMASALAH « trainingjogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s